Sabtu, 08 Maret 2008

Panasonic EV energy akan memproduksi baterai untuk mobil hybrid Toyota

Panasonic EV energy akan memproduksi baterai untuk mobil hybrid Toyota mulai 2009 mendatang. Perusahaan patungan Toyota dan Matsushita tersebut menargetkan produksi 800.000 unit baterai untuk mobil hybrid setiap tahun.
Tahun lalu, Toyota memasarkan 429.000 unit hybrid. Mulai 2011, pabrikan kendaraan hybrid terbesar tersebut menargetkan penjualan 1 juta unit mobil hybridnya di pasar global. Target tersebut tentu harus diimbangi dengan ketersediaan baterai yang memadai.Hampir seluruh baterai yang diproduksi merupakan nickel metal. Namun ke depan jumlah produksi baterai lithium ion (Li-on) juga akan ditingkatkan untuk memenuhi produksi mobil listrik PHEV yang sudah mulai diuji coba. Toyota sendiri berencana memasarkan mobil tersebut pada 2010 mendatang.
Pada tahap awal, Panasonic akan memenuhi permintaan baterai untuk Toyota. Namun ke depan, Panasonic juga akan menyuplai baterai untuk produsen lain. Saat ini, brand General Motors Chevrolet Tahoe dan GMC Yukon juga menggunakan baterai produksi Panasonic.Pada ajang Detroit Motor Show, Januari lalu, Toyota mengumumkan akan memperkenalkan 2 model hybridnya pada 2009. Satu model merupakan generasi ketiga Prius dan satu lagi merupakan produk Lexus.
(ly/pra)
Sumber berita : www.Astrawolrd.com